Image
oleh DISKOMINFO - INFORMATIKA

Inspirasi Ide Inovatif Startup 2017

2017-11-16 08:53:38   |   Kategori iptek  |   Dibaca 66 kali

   Tahukah anda apa itu bisnis startup? Mungkin hanya sebagian kecil saja orang tahu dengan bisnis strartup ini. Kata startup sendiri adalah serapan dari bahasa inggris yang menunjukan sebuah bisnis yang baru dirintis. Menurut sumber informasi dari Wikipedia.org, startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

   Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

   Dari definisi diatas dapat kita simpul bahwa bisnis startup adalah suatu bisnis yang baru berkembang. Namun, bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Bisnis startup berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak.

   Pertumbuhan bisnis startup di Indonesia kian tahun semakin bertambah. Walaupun belum ada data pasti, namun sudah dapat diperkirakan saat ini terdapat banyak sekali startup atau bisnis berbasis teknologi karya anak bangsa yang kian bermunculan.

   Dengan semakin bertambahnya jumlah startup lokal dari tahun ke tahun, pemerintah pun mulai memberikan dukungan kepada para pengusaha perintis ini. Terlihat dengan dikeluarkannya Paket Kebijakan Ekonomi ke-14 pada November 2016 lalu, hal tersebut dinamakan kebijakan “Peta Jalan e-Commerce yang secara spesifik menyasar target di sektor ini.

   Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Startup baru bermunculan di indonesia. Menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

   Berikut gambaran beberapa ide bisnis yang bisa dikembangkan dan akan menjadi tren tahun depan sehingga diperkirakan mampu menarin perhatian investor dan pasar:

  1. Online Video, popularitas online video tidak bisa dipungkiri selama setahun terakhir ini. Bahkan trennya diperkirakan masih berlanjut hingga tahun depan.
  2. Virtual Assistant, pengembangan jasa asisten virtual di masa mendatang diperkirakan akan menjadi pasar yang menarik. Contoh perusahaan yang telah melakukannya adalah Google dan Apple, meski masih dalam bentuk sederhana.
  3. Virtual Reality, VR mulai menjadi tren di masyarakat dalam setahun belakangan ini. Meski saat ini akses untuk menikmati layanan teknologi tersebut masih mahal, bukan tidak mungkin ada teknologi yang memungkinkan VR ini bisa dinikmati oleh orang banyak dengan biaya lebih murah.
  4. Aplikasi Percakapan (antara manusia dengan mesin atau sistem), pengguna teknologi ini dapat langsung bercakap-cakap dengan sistemnya untuk mengetahui sumber masalah. Bahkan bisa meminta perbaikan sistem langsung di saat yang bersamaan. Teknologi ini bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin mengembangkan bisnis startup di bidang jasa.
  5. Perangkat dan Sistem Keamanan, maraknya transaksi yang dilakukan di dunia maya, serta banyaknya aplikasi yang terkoneksi dengan peralatan di rumah maupun di kantor membuat permintaan atas jaminan keamanan juga semakin tinggi. Tentu hal itu, cukup menjanjikan untuk bisnis startup di masa depan.